BAB 8 ( MULTIMEDIA DAN VIRTUAL REALITY )
Pengertian Multimedia
▪️Berbagai aplikasi multimedia:
-Presentasi bisnis:
Digunakan sebagai media komunikasi yang efektif untuk menyajikan atau memasarkan produk/service ataupun gagasan ke audiensi.
-Pelatihan Berbasis Komputer:
Digunakan untuk mempermudah pembelajaran tentang pengetahuan yang menuntut penyajian visual.
-Hiburan:
Digunakan dalam program-program permainan untuk membentuk suasana yang lebih menarik dan interaktif.
-Pendidikan: Digunakan memvisualisasikan pelajaran-pelajaran yang sulit diterangkan (misalnya fisika dan matematika) dengan cara konvensional.
-Penyajian Informasi:
Dipakai untuk membentuk ensiklopedia atau kamus yang melibatkan teks, gambar dan suara. Selain itu bisa juga untuk penerbitan elektronik, baik dalam bentuk buku maupun koran elektronik.
-Kios Interaktif:
Kios adalah tempat informasi yang biasa dijumpai pada tempat-tempat umum. Pemakai dapat berintekrasi dengan layar sentuh untuk mempermudah dalam mencari informasi
-Telekonferensi:
Digunakan untuk bertemu muka dan bercakap-cakap melalui kamera kecil yang dihubungkan ke setiap komputer pemakai.
Kebetuhan Perangkat Keras
Kebutuhan perangkar keras untuk melengkapi kemampuan multimedia antara lain :
▪️Kartu suara; untuk mendukung pemrosesan audio.
▪️Speaker; piranti untuk menyajikan suara.
Mikrofon; piranti untuk menerima suara manusia.
Elemen Multimedia
▪️Meliputi :
▪️Teks
▪️Suara
▪️Gambar statis
▪️Animasi/gambar bergerak
▪️Video
VIRTUALREALITY
▪️Virtual Reality
adalah teknologi yang memungkinkan seseorang melakukan suatu simulasi terhadap suatu objek nyata dengan menggunakan komputer yang mampu membangkitkan suasana tiga dimensi sehingga membuat pemakai seolah-olah terlibat secara fisik.
Contoh:
Pilot dapat menggunakan sistem virtual reality untuk melakukan simulasi penerbangan sebelum melakukan terbang yang sesungguhnya.
Peranti Virtual Reality
Untuk mewujudkan suasana yang menyerupai dunia nyata, virtual reality menggunakan peralatan-peralatan yang dinamakan glove, headset, dan walker.
-Glove; piranti masukan yang dapat menangkap gerakan tangan dan mengirimkan informasi gerakan ke sistem virtual reality.
-Headset; piranti untuk memonitor gerakan kepala, sehingga seolah-olah pemakai melihat dunia nyata.
-Walker; untuk memantau gerakan kaki. Mengatur gerakan kaki pemakai agar merasakan beban seperti kalau melangkah dalam dunia nyata.
▪️Cara Kerja Virtual Reality
Pemakai melihat suatu dunia semu, yang sebenarnya berupa gambar-gambar yang bersifat dinamis.
Melalui perangkat headphone/speaker pemakai dapat mendengar suara yang realistik.
Melalui headset, glove, dan walker semua gerakan pemakai dipantau oleh sistem dan sistem memberikan reaksi yang sesuai sehingga pemakai seolah merasakan sedang berada pada situasi yang nyata, baik secara fisik maupun secara psikologis.
Aplikasi Virtual Reality
Manufaktur: -Pelatihan
-Pengujian rancangan
-Prototipe semu
-Analisis engineering
-Analisis ergonomik
-Simulasi semu dalam perakitan, produksi dan pemeliharaan.
Arsitektur : -Perancangan gedung dan struktur yang lain
Militer : -Pelatihan (pilot, astronout, pengemudi)
-Simulasi peperangan
Kedokteran : -Pelatihan pembedahan (melalui simulasi)
-Perencanaan pembedahan
-Terapi fisik
Pendidikan : -Laboratorium fisika virtual
-Studi tentang topan
-Kofigurasi galaksi
-Pengujian matematika kompleks.
Hiburan : -Museum virtual
-Permaianan balap mobil 3-D
-Simulasi pertempuran udara
-Arcade
-Taman virtual
-Simulasi ski
Penderita akan merasakan ketegangan mata dan bahkan disertai rasa pusing. Terkadang si penderita secara psikologis masih terbawa pada suasana semu yang diciptakan oleh sistem virtual reality walaupun ia telah kemabali ke dunia nyata.
-Pengujian rancangan
-Prototipe semu
-Analisis engineering
-Analisis ergonomik
-Simulasi semu dalam perakitan, produksi dan pemeliharaan.
Arsitektur : -Perancangan gedung dan struktur yang lain
Militer : -Pelatihan (pilot, astronout, pengemudi)
-Simulasi peperangan
Kedokteran : -Pelatihan pembedahan (melalui simulasi)
-Perencanaan pembedahan
-Terapi fisik
Pendidikan : -Laboratorium fisika virtual
-Studi tentang topan
-Kofigurasi galaksi
-Pengujian matematika kompleks.
Hiburan : -Museum virtual
-Permaianan balap mobil 3-D
-Simulasi pertempuran udara
-Arcade
-Taman virtual
-Simulasi ski
Efek Negatif Virtual Reality
Orang-orang yang terlibat dalam penggunaan sistem ini kerap mengalami gangguan yang disebut cybersickness.Penderita akan merasakan ketegangan mata dan bahkan disertai rasa pusing. Terkadang si penderita secara psikologis masih terbawa pada suasana semu yang diciptakan oleh sistem virtual reality walaupun ia telah kemabali ke dunia nyata.
Komentar
Posting Komentar